• Kam. Sep 19th, 2024

Naskah Rakyat

Terdepan dan Terpercaya

Kesbangpol Lubuklinggau Luncurkan Program SIMADU

ByNaskah Rakyat

Sep 29, 2021

Lubuklinggau, (NaskahRakyat) – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Lubuklinggau meluncurkan program Sistem Informasi Data Terpadu (SIMADU), untuk menunjang proses kinerja kesbangpol dalam melayani masyarakat. Rabu (29/09/21).


Sistem SIMADU tersebut dihadirkan dalam rangka mencegah kewaspadaan dini terhadap masalah, ormas dan radikal. Dimana sistem tersebut untuk membantu kelancaran masyarakat dalam pengaduan, pendaftaran sekaligus penelitian bagi mahasiswa.


Seperti apa yang disampaikan oleh Kapala Kesbangpol Lubuklinggau Firdaus ABKY, program aplikasi sistem informasi data yerpadu (SIMADU) ini, merupakan langkah inovatif Kesbangpol, sekaligus untuk strategi peningkatan stabilitas daerah dengan pembangunan data terpadu (Tim Kewaspadaan Dini (TKDD) Ormas dan Radikal).


“Program SIMADU ini untuk memudahkan pelayanan bagi masyarakat, seperti pengaduan, jika terjadi permasalahan pada masyarakat di lingkungan sekitarnya, pendaftaran bagi Ormas serta izin penelitian bagi mahasiswa,” jelas Firdaus disaat melakukan paparan.


Selain itu lanjutnya, program SIMADU ini bisa diakses dimanasaja di kapolres, KODIM, di kejaksaan, nantinya akan ada operator untuk menghandle sistem tersebut agar bisa bekerja secara maksimal, dan juga sistem ini akan bekerja selama 24 jam, pungkasnya.


Firdaus ABKY kembali menyampaikan bahwa sistem aplikasi SIMADU ini akan dikoneksikan dengan silampari smart city sama seperti dengan sistem-sistem yang digunakan OPD-OPD lainnya.


“Masyarakat bisa kapan saja menggunakan sistem ini, dan untuk memudahkan mayarakat sistem ini bisa digunakan melalui handphone (HP) tinggal membuka linknya saja maka bisa mengakses sistem SIMADU,” ucapnya.


Adapun manfaat kegunaan dari sistem SIMADU ini jelasnya, masyarakat bisa secara langsung untuk melaporkan jika terjadi kesalahan di lingkungan sekitar.


Nantinya, harapan kepala Kesbangpol Lubuklinggau, masyarakat bisa ikut serta mensosialisasikan kepada teman-teman khalayak ramai untuk mempublikasikan, supaya bisa memanfaatkan sistem SIMADU ini, tutupnya. (Padri) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *