• Kam. Sep 19th, 2024

Naskah Rakyat

Terdepan dan Terpercaya

Warga Desa Belumai I Gotong Royong Perbaiki Jaringan Irigasi

ByNaskah Rakyat

Okt 4, 2023

Rejang Lebong, (Naskah Rakyat) – Puluhan warga Desa Belumai I, Kecmatan Padang Ulak Tanding (PUT) Kabupaten Rejang Lebong Propinsi Bengkulu melaksanakan gotong royong memperbaiki jaringan saluran irigasi induk yang ada di sungai belumai.

Irigasi yang sebelumnya selalu di aliri air yang desar kini mulai mengecil. Menurut warga kecilnya air lantaran sudah lama tak diguyur hujan mengakibatkan puluhan hektar sawah yang berada di hilir mengalami kekeringan.

Wawan Sopian selaku Kepala Dusun (Kadus) Desa Belumai I, pada Selasa (3/10) menyampaikan bahwa dirinya bersama masyarakat desa Belumai I, melakukan gotong royong memperbaiki saluran irigasi. Menurutnya saat musim kemarau ini setiap persawahan dan kolam ikan air deras sangat kekurangan pasokan air.

“Jadi kita ajak warga untuk lakukan gotong royong memperbaiki induk saluran irigasi yang ada di aliran sungai belumai, saat ini ada puluhan hektar sawah yang membutuhkan air,” kata Kadus. 

Selain itu dirinya juga menyampaikan bahwa selain irigasi yang kekurangan air, aliran sungai pun mengalami penyusutan yang sangat signifikan. Jadi wajar sebagain sawah warga tidak mendapat air apalagi di kelompok pagar bulan merupakan jalu irigasi yang terakhir. 

“Saya mengucapkan terimakasih kepada masyarakat dan kelompok tani, petugas penjaga pintu air, yang telah ikut serta lakukan gotong royong,” pungkasnya. (Mawid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *