• Kam. Sep 19th, 2024

Naskah Rakyat

Terdepan dan Terpercaya

CV Safa Tani Jaya Bersama Kelompok Tani Lakukan Panen Raya Padi di Musi Rawas

ByNaskah Rakyat

Feb 22, 2022

Musi Rawas, (NaskahRakyat) – Demplot Pemupukan Berimbang di Muara Lakitan CV Safa Tani Jaya bersinergi bersama Kelompok Tani (Poktan) Maju Bersama melakukan panen raya padi Demplot Pemupukan Berimbang di Desa Semeteh, Kecamatan Muara Lakitan , Kabupaten Musi Rawas, Senin (21/02/2022) sekitar pukul 09.00 WIB.

Panen ini dilaksanakan di area persawahan dengan luas 60 hektar, dengan dihadiri Staf Pengurus Distributor PT Pupuk Sriwidjaja Palembang, Aldi, SSE PT Pusri Muhamad Haliim Hafiid. Asisten Lapangan PT Pusri Fitrah, Muhamad Haris dan Ketua Poktan Maju Bersama, Bejo.

Menurut Direktur CV Safa Tani Jaya Distributor PT Pupuk Sriwidjaja Palembang, Depri Apriansyah, panen raya ini bersinergi bersama Poktan Maju Bersama Desa semeteh. Dirinya kembali menjelaskan untuk Demplot ini mulai di laksanakan November 2021 dan panen tepat waktu.

“Demplot ini wadah distributor untuk memberikan edukasi dan promosi kepada petani tentang pemupukan berimbang, meningkatkan pengetahuan petani dengan budi daya padi, mendorong agar petani mengunakan pupuk secara berimbang,” tuturnya.

SSE PT Pusri Palembang perwakilan Musi rawas, Muhamad Haliim Hafiid menejelaskan, penanaman padi ini mengunakan pupuk PT Pusri dengan rincian urea 200 kg (perhektar), pupuk NPK Phonska 300 kg (perhektar).

Demplot ini mengunakan dua petak, untuk petak A kebisaan pemupujan petani dengan dosis pupuk urea 200 kg (perhektar), NPK Phonska 200 kg (perhektar), Lau petak B sesuai anjuran pupuk urea 200 kg (perhektar), NPK Phonska 300 kg (perhektar), hasilnya untuk petak A sebanyak 4.7 kg atau 7.52 ton perhektar gabah kering panen, petak B sebanyak 5 kg atau 8 ton perhektar, artinya ada 0.48 ton perhektar, jelasnya.

Ketua Poktan Maju Bersama, Bejo mengatakan setelah adanya pupuk berimbang ini, hasil panennya meningkat.

“Ke depannya kami selaku petani akan menerapkan sistem yang dianjurkan PT Pusri,” ujarnya.

Selanjutanya, dirinya bersama anggota yang lain akan sosialiasasi dengan petani dengan sistem yang seperti ini, bagus diterapkan dikelompok ini supaya ada peningkatan lagi hasil kedepannya.

Selain itu, dirinya berharap kepada PT Pusri kiranya nanti lebih banyak lagi kelompok-kelompok tani yang diadakan seperti ini, tutupnya. (Padri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *