• Kam. Sep 19th, 2024

Naskah Rakyat

Terdepan dan Terpercaya

Pancasila Sebagai Jalan Tengah Berbangsa dan Bernegara, Bagi Umat Beragama

ByNaskah Rakyat

Jul 19, 2022

Muratara, (NaskahRakyat) – Jum’at, 10 Juni 2022, Fauzi H. Amro membuka acara sosialisasi 4 (empat) Pilar Kebangsaan dengan memohon doa dan restu, “Saya dan keluarga memohon doa dan restu dari hadirin sekalian, rencananya bulan depan akan melaksanakan Ibadah haji. Para peserta kemudian langsung menyambut dengan ucapan hamdalah, “Alhamdulillah.” Tema sosialisasi kali ini juga menyinggung peran agama yang berdampingan dengan Pancasila.

“Orang Islam yang taat, umat Nasrani yang taat, umat Hindu dan Budha yang taat, mereka secara tidak langsung juga adalah seorang Pancasilais sejati,” seru bang Fauzi. Bang Fauzi mengkait-kaitkan amalan Pancasila dengan amalan-amalan seseorang yang taat pada ajaran agamanya.

“Sila 1 seperti keimanan dan kepercayaan kita kepada Allah, Tuhan YME. Sila 2 seperti urusan Hablum Minannas, berbaik hati, tolong menolong terhadap sesama, tanpa membedakan suku, agama dan ataupun ras. Agama manapun tidak mengajarkan diskriminasi terhadap SARA,” tekan Bang Fauzi.

Bang Fauzi mencari-cari persamaan amalan Pancasila dan amalan orang yang beragama. Fokus mencari persamaan ditengah-tengah tingginya popularitas di Indonesia sejak Pemilu 2014 dan Pilkada 2016.

“Sila 3 menyangkut ketaatan kita pada Ulil Amri, Bersatu, tidak berpecah belah dan tidak memberontak. Mengkritik boleh, tetapi tidak boleh menghina pimpinan negara. Sila 4 mendudukan segala urusan dengan musyawarah mufakat termasuk istilah modern-nya pemilu. Sila 5 mengajarkan untuk memelihara kaum papa, kaum fakir miskin, yatim piatu, adil dan baik terhadap bawahan/pekerja, jangan telatin gajinya, jangan lupa kasih bonusnya, saling memberi subsidi,” lanjut Bang Fauzi.

“Sehingga Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Musyawarah dan Keadilan Sosial, intisari dari Pancasila yang lima itu seharusnya familiar dengan orang Indonesia, apalagi orang melayu, wong kito yang terkenal dekat dengan agamanyo.” Tutup Fauzi H. Amro, Anggota DPR/MPR RI Periode 2019-2024 di acara Sosialisasi 4 Pilar. (Padri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *